Soft Skill Yang Diperlukan Seseorang Dalam Bekerja
(Gravitasi Diri12/05/2017), Salam
hangat untuk pembaca semuanya, jangan bosan-bosan ya buat selalu baca-baca
tulisan blog aku, kali ini aku ingin menulis artikel tentang soft skill dan kemampuan yang didiperlukan
seseorang dalam bekerja, karena dengan kemampuan-kemampuan ini seseorang bisa
menjadi tenaga kerja / karyawan yang sukses ditambah lagi potensi-potensinya bisa
menjadi maksimal. Faktor-faktor tersebut meliputi:
Komunikasi (Public speaking)
Komunikasi memang menjadi faktor terpenting saat seseorang
sedang bekerja di suatu tempat/perusahaan, karena di perusahaan pasti sangat
banyak terdapat personil/tim/karyawan, sehingga untuk koordinasi satu dengan
yang lain pasti harus berkomunikasi dengan baik, baik pada saat rapat,
presentasi, dan negosiasi. Jika seorang karyawan kesulitan dalam berkomunikasi,
orang lain ataupun atasan akan underestimate
terhadap karyawan tersebut dan menganggapnya tidak mumpuni. Makanya kemampuan
berkomunikasi harus sering-sering dilatih & ditingkatkan. Cobalah baca buku
public speaking, berlatih berbicara
di depan umum, mencari-kosa kata-kosa kata baru yang bagus buat diterapkan.
Kemampuan Komputer
Setiap jenis pekerjaan pasti tidak lepas dari penggunaan
komputer, tidak perlu skil dewa kayak turbo pacal, c++, java, kita hanya perlu
belajar program sederhana seperti misalnya Microsoft
excel, word, power point, corel draw & adobe photoshop untuk designer, dan autocad untuk sesorang yang berprofesi sebagai engineer. Jika tidak
bsa mengoperasikan komputer pasti pekerjaan jadi amburadul dan tidak maksimal,
maka dari itu yang belum bisa harus terus belajar agar mahir.
Bahasa Inggris
Walaupun perusahaan memang aslinya dari Indonesia, tetapi
kadang manual/instruksi kerja bersumber dari luar negeri dan
menggunakan bahasa inggris, maka seorang karyawan harus paham & mampu
berbasa inggris baik membaca, ataupun secara lisan. Perbanyaklah kosa-kata
bahasa inggris anda, berlatih dengan membaca artikel-artikel English misalnya
di jakartapost.com , carilah arti dari setiap kata yang bekum paham sambil dihafal
sedikit-sedikit, dengan begitu perlahan-lahan English skill akan bagus sekali jika
rajin berlatih.
Kemampuan Melobi
Kadang-kadang memang diperlukan kemampuan untuk melobi
dimana kondisinya dalam keadaan yang rumit, hal ini bertujuan agar rencana
kerja bisa dilaksanakan dengan cepat, hemat, dan tepat sasaran. Factor ini
tidak jauh-jauh dari komunikasi juga, tetapi sebenarnya lebih dari itu, sebagai
contoh bisa melobi ke supplier untuk
mendapatkan harga yang murah, melobi tender untuk sebuah proyek kepada
ownernya, melobi orang pemerintah untuk turut membantu pekerjaan kita di
pekerjaan umum.
Attittude
Kita tidak perlu membahas & selalu mengasah skill terus,
ada hal lain yang lebih penting dari semua yang saya jelaskan di atas, kadang
kita harus merenungkan tentang yang ada di dalam diri kita, yaitu Sikap/
Attitude,sopan santun, kalau istilah jawanya tindak-tanduk, unggah-ungguh. Percuma saja jika seorang karyawan
otaknya pintar (encer), komunikasinya lincah, mahir mengoperasikan komputer
tetapi attitudenya jelek, suka berbuat tidak sopan & seenaknya sendiri,
orang seperti ini pasti tidak akan dihargai,
Rasa percaya diri
Sebagai
seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, tentu banyak terdapat
personil dengan karakter yang berbeda-beda, cobalah berbaur, beranilah tampil
di depan umum, tetapi kita tidak boleh sedikit-sedikit malu, sedikit-sedikit
malu, makanya kita gak bakal dapat apa-apa. Maka dari itu, cobalah tunjukkan confidentmu. Malu boleh, tapi jangan malu-maluin yak :D.
Rasa Humor
Sering sekali, menceritakan
jokes/humor ditengah segala keseriusan
tentang kerjaan itu bisa mencairkan suasana. Ditambah lagi menceritakan jokes/humor bisa meredakan stress akibat
kerja. Selain itu, tertawa bisa meningkatkan hormone endhorpin yang membuat kita bisa merasa happy. Jadi, tertawalah sebelum tertawa
itu dilarang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar