Social Icons

Apa dan Bagaimana : HIRADC dalam penerapan SMK3

Salam hangat untuk para netizen semuanya, terapkan slogan baru 'Safety is my Life' dalam kehidupan sehari-hari. Masih sama, Kali ini sayamasih membahas tentang dunia health, safety, environemnt, yaitu HIRADC. Netizen tau nggak sih apa itu HIRADC? Benda apaan tuh? Jadi gini,  HIRADC adalah singkatan dari Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (Identifikasi Bahaya, penilaian risiko dan pengendaian bahaya). Perlu kalian ketahui, jantung dari penerapan SMK3/OHSAS adalah Identifikasi bahaya. maka itu betapa pentingnya HIRADC dalam K3. So, perhatikan baik-baik ya sobat.

Unsu-unsur dalam menyusun HIRADC yaitu adalah menentukan tingkat keseringan dan tingkat keparahan.











Saat kita menyusun HIRA, kita perlu tim. tim tersebut terdiri dari process engineer, maintenance, HSE, dan pihak-pihak lain yang terkait. Selanjutnya untuk menentukan tingkat keseringan, ada nilai 1 sampai 5, yang berarti semakin besar angkanya, maka peluang suatu kecelakaan yang mungkin terjadi akan semakin besar. untuk tingkat keparahan, ada nilai 1-5, yang berarti semakin angkanya besar, maka tingkat keparahan dari kecelakaan yang mungkin terjadi akan semakin parah. Kemudian dari tabel/matriks HIRA yang ada, nanti dapat diketahui apakah faktor risiko tersebut masuk dalam level yang mana, sehingga dari nilai risiko yang ada, kita bisa menentukan skala prioritas untuk mengendalikan risiko sesuai dengan budget atau anggaran yang ada.
Teringat kata-kata Pak Jokowi di proyek toll Hutama Karya, "Kemanaan bekerja bukan terletak pada harapan, tetapi keamanan bekerja terletak pada cara kalian berperilaku kerja aman". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates