Social Icons

Mengenal Perusahaan Pama Persada

           
       PT Pama persada Nusantara (PAMA) adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis “mining & earthmoving contractor”. Berawal dari divisi rental PT United Tractors Tbk hingga pada tahun 1993 PAMA berdiri sendiri. Berbagai proyek penambangan (batubara, emas), proyek konstruksi, penyiapan lahan dan logging menjadi kompetensi yang dimiliki PAMA.
            Sampai dengan saat ini, PAMA memiliki  anak perusahaan antara lain PT Kalimantan Prima Persada, PT Prima Multi Mineral, PT Pama Indo Mining, PT Asmin Bara Bronang, PT Asmin Bara Jaan, dan PT Multi Prima Universal.
            PAMA menyadari bahwa penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberhasilan bisnis dan peningkatan citra perusahaan. Demikian juga praktek-praktek pertambangan yang baik (Good Mining Practices/GMP) selalu menjadi bagian utama dalam proses kerja PAMA. Dimana hal ini akan mampu memaksimalkan produksi, pengelolaan dampak lingkungan yang lebih baik dan peningkatan aspek keselamatan & kesehatan kerja. Untuk menunjang hal tersebut, PAMA mengimplementasikan ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 14064-2.
            Jauh sebelum PT Pama Persada Nusantara  terbetuk di mulai dari pembentukan PT United Tractor (UT) yang berdiri sejak 31 oktober 1972. United Tractor adalah anak cabang perusahaan di bawah grup Astra Internasional sebagi agen tunggal alat-alat berat jepang.
        Pada tahun 1974, dibentuk divisi baru,rental Division. Divisi ini bergerak dalam sector pambangan dan pembuatan konstruksi. Awalnya,Rental Division hanya menawarkan jasa dan berupa sewa alat bedasarkan jam operasi. Kemudian berkembang tidak hanya menyewakan alat-alatnya saja tetapi juga plus jaminan-jaminan. Dalam hal ini manajemen dituntut berat melakukan efesiensi yang tinggi kalau ingin untung.
        Tidak puas hanya bergerak dalam bidang jasa penyewaan alat-alat berat, Rental Division kemudian kembali melebarkan sayapnya. Walau pun masih satu ruang lingkup di bidang jasa, fisikli lebih berpariasi. Jasa yang di jual berupa jasa Contracting, dimana mereka mengajarkan satu proyek dan di hitung berdasarkan hasil kerja fisik.
       Pada Agustus 1988 lahirlah Plant Hire dan Mining (PHM) PT United Traktor memperbesar kontribusi pelaksanaan proyek dengan melakukan survey, peledakan dan lain-lain dalam bidang Enginering dan operasional. Sector ini sudah bergerak dalam pekerjaan tambang,Earth moving,logging dll,yang terdiri dari site-site dibawah seorang manager. Sifat pekerjaannya adalah
 manyewakan alat berat dan mendukungnya, pelak sanaan pekerjaan pemindahan tanah (earth moving) dan logging contracting dan mining contracting.
        Tahun berganti, PT United Tractor mulai mendirikan beberapa anak perusahaan di antaranya PT Pama Persada Nusantara yang terbentuk pada 27 september 1993. PT Pama Persada Nusantara, mempunyai arti yang sangat luas yaitu paling utama dengan maksud para pendiri-pendiri PAMA menginginkan agar seeruan ini manjadi yang paling utama di seluruh PERSADA NUSANTARA, sahingga kegiatan-kegiatan yang biasanya di kerjakan oleh kontraktor-kontraktor asing dapat di tangani oleh kontraktor-kontraktor dalam Indonesia sendiri.
          PT. Pama Persada Nusantara distrik Adaro bergerak dalam bidang usaha penambangan batu bara. Sebenarnya PT Pama Persada Nusantara adalah sub kontraktor dari PT. Adaaro Indonesia, sadangkan PT. Adaro sendiri adalah salah satu kontraktor dari PT. Penambangan batu bara bukit asam yang di serahi kepercayaan oleh pemerintah untuk pengelolaan pertambangan di paringin. Karena PT. Adaro Indonesia tidak mempunyai alat-alat perlengkapan untuk melakukan penambangan sendiri maka, PT. Adaro Indonesia mencari kontraktor yang akhirnya di tangani oleh PT. United Tractor kemudian di serahkan pengelolaannya kepada PT Pamapersada Nusantara tidak bekerja sendiri tapi juga mempunyai sub kontraktor. Kerja sama ini bertujuan untuk meratakan kesejahteraan rakyat sekitarnya pada khususnya dengan jalan menjalin hubungan dangan perusahaan kecil. PT Pamapersada Nusantara mempunyai alat teknis sendiri, namun dalam pengangkutan batu bara kepengapalan/kapal di kelanis yang jaraknya dari tempat penambangan kurang lebih 75 km memerlukan unut yang banyak untuk memenuhi target produksi sehingga perlu kerjasama dengan sub kontraktor pengangkutan batu bara.
          PT. Pamapersada Nusantara merupakan jasa kontraktor pertambangan yang mempunyai kemampuan dalam membuat desain tambang serta melakukan  ekploitasi,juga sebagai kontraktor penambangan untuk costumer PT.Adaro Indonesia yang menangani pertambangan batu bara yang di sebut dengan distrik Adaro.operasi pertambangan batu bara untuk distrik Adaro dilakukan mulai dari perencanan, control dan feedback untuk perencanaan selanjutnya. Semua tidak terlepas dari visi Pama “To be a word class mining contractor with the best productivity, engineering, safety and enviroment”.
          Visi ini mangandung arti bahwa perusahaan berusaha untuk mencapai kemampuan operasi (operasion capalibity) yang berkelas dunia.dengan kata lain, perusahaan ingin terus-menerus melakukan perbaikan (contional improvement) dalam meningkatkan Internal Business Process Capability.
           Visi tersebut juga terselenggara berkat system yang baik dari PAMA salah satunya pama safety management system sebagai INSTRUMENT yang digunakan untuk membantu staf dan memelihara lingkungan kerja yang aman serta sehat untuk seluruh stakaehoider. Keputusan perusahaan untuk hidup dalam keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan maupun dengan pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates