Social Icons

Prospek Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)


       
          Program studi Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) memang sedang naik daun saat ini. Prospek kerjanya sangat luas di semua perusahaan, atau bisa juga menjadi PNS sebagai pembimbing kesehatan kerja di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Topik ini menjadi sesuatu yang menarik bagi adik-adik SMA yang tengah akan lulus, atau sesorang yang ingin mengambil karir sebagai ahli K3. Awal mula didirikanya program studi ini berawal dari tingginya angka kecelakaan kerja di berbagai sektor industri dan banyaknya penyakit yang timbul akibat hubungan kerja, sehingga didirikanlah program studi K3 oleh pemerintah. Saat ini penerapan K3 di perusahaan sudah diperhatikan dengan cukup baik, dan akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Undang-undang yang mengaturnya pun sudah jelas yaitu UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, kemudian ditambah lagi dengan PP No. 50 tahun 2012 tetang wajib SMK3 di perusahaan. Bagi yang belum tahu, nantinya ahli K3 akan bekerja dalam departmen HSE (Health Safety Environment) perusahaan sebagai safety officer, supervisor, atau HSE manager.
         Di indonesia ada beberapa universitas yang menyelenggarakan program studi Keselamatan dan kesehatan kerja (K3), salah satunya adalah program studi D4 Keselamatan dan kesehatan kerja yang ada di Universitas Sebelas Maret (UNS) tepatnya di kota Solo, Jawa Tengah. Program ini berdiri pada tahun 2005 dengan dasar hukum Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 2003/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005. Selain itu ada program  D4 teknik K3 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), S1 K3 UI, dll. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pendirian Prodi D IV K3 antara lain dilakukan untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) baik dalam sektor formal maupun informal yang semakin tinggi. Selain faktor-faktor tersebut, alasan didirikannya Prodi D IV K3 ini adalah lulusan nantinya akan diarahkan pada kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesional bidang K3, termasuk keterampilan untuk
1.    Membuat HSE Plan.
2.    Menysusun HIRADC dan JSA
3. Melakukan pengukuran faktor -faktor  bahaya
4. Melakukan inspeksi dan pengawasan K3, termasuk Work Permit.
5.    Melakukan Audit SMK3/OHSAS
6.   Mampu mengikuti perkembangan IPTEK  dalam bidang K3.

      Sekedar info, akhir- akhir ini pemerintah baru saja membuat konsep RUU peraturan tentang jabatan fungsional di instansi kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas sebagai PNS Pembimbing kesehatan kerja. Persyaratan pelamar adalah berasal dari D4 K3. Semua instansi kesehatan harus mempunyai ahli K3. 

Maka dapat saya perjelas, prospek kerja lulusan Keselamatan dan kesehatan kerja yaitu:
Manufacture, Pertambangan, Oil and gas, Konstruksi, Garmen, Rumah sakit, dll.

Pasti masih banyak yang bingung ya, apa sih yang dipelajari di program studi K3? Nah berikut saya jelaskan gambaran daftar mata kuliah yang ada di prodi Keselamatan dan kesehatan kerja UNS: Higiene Industri, Psikologi kerja, Kesehatan kerja, Fisika, Biologi, Kimia, keselamatan kerja, anatomi, ergonomi, UU K3, SMK3, Pencemaran lingkungan, sanitasi lingkungan, produksi bersih,  manajemen limbah, toksikologi industri, kesehatan kerja pertambangan, Gizi kerja, kesehatan kerja bawah tanah, kesehatan kerja industri kimia, audit K3, AMDAL, 
    Bagi para pembaca sekalian, apabila masih ada hal sekiranya membingungkan saat membaca penjelasan di atas, boleh bertanya tentang bagaimana itu K3 lebih jauh atau mungkin ada perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga Safety yang telah bersertifikasi bisa menghubungi saya melalui email (edy1033@gmail.com). Hanya ini yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat, tetap sehat, semakin sukses. 

249 komentar:

  1. wah........jurusan yang sanat bagusss

    BalasHapus
  2. maaf kalo untuk masalah gaji seorang teknisi k3 kira2 sama dg karyawan biasa sebuah pabrik atau bisa yang lebih baik ? Mohon dibantu. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. writer says: biasanya kalo safety officer/safety engineer di sebuah pabrik itu lulusan minimal D3. dan gajinya lebih baik dari karyawan biasa...

    BalasHapus
  4. Lagi googling cari materi nemu blog ini....
    Boleh nambahin tulisan diatas, saya kebetulan praktisi K3, Lulusan K3, Fakultas kesehatan masyarakat, Universitas Indonesia(menambahkan dilist ga ada).

    Pertama prospek lulusan K3: tanpa bermaksud sombong, setelah lulus kami semua langsung bekerja(mungkin lulusan 2004 masih sedikit K3nya, sekarang mungkin lebih banyak, persaingan lebih ketat :)) ) cari kerja bukan hal yang sulit (waktu itu), sekali lagi ini semata karena demand lebih banyak dari stok, jumlah lulusan K3 dibanding perusahaan yang butuh sangat timpang, dampaknya saling bajak tenaga kerja dengan iming2 benefit yang lebih baik, (beberapa dari) kami seperti kutu loncat dengan prinsip "wani piro".

    soal gaji sama saja kok, tidak ada pembedaan gaji kalau di Pabrik...sama sekali tidak beda, saya lulus masuk Ast*a gajinya sama dengan yang lain, yang membedakan adalah peluang masuk!.
    Waktu saya test,Yang diterima hanya 1 org dari masing2 bagian...saya barengan dengan 6 org teknik mesin, industri,4 org akunting, dan K3...saya sendirian...tinggal ga rejeki atau kita underrated aja kalo nggak masuk...Alhamdulilah langsung masuk jadi Section head safety.

    Gaji akan berbeda kalo di Oil & Gas, setelah 5 tahun di pabrik saya loncat ke oil and gas...nah disini baru gajinya beda, tergantung pengalaman.

    senang sekali kalo ada yang minat masuk K3, jaga hubungan baik dengan para senior dan praktisi, karena kadang lowongan K3 tidak dipublikasikan.

    soft skill seorang K3: berani, luwes, gampang bergaul, komunikatif, social person, bersahabat dengan semua.....

    Sukses buat yang punya lapak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass kak..
      Sayaa putri seorang mahasiswi k3 dari sumbar, saya kuliah di stikes indonesia padang. Disini saya ingin menanyakan, apakah di UI sana, jurusan k3 ini mengambil jurusan dari FKM atau emang dibedakan tersendiri ? Makasih kak ;)

      Hapus
    2. mau mencoba menjawab

      Saya seorang mahasiswa peminatan K3 FKM UI.
      ingat saya mahasiswa peminatan.
      Jadi di FKM itu hanya ada 2 jurusan yaitu Kesehatan Masyarakat dan Gizi.
      Nah dari prodi Kesehatan Masyarakat itu terdiri dari beberapa peminatan yang salah satunya adalah K3
      Terima Kasih

      Hapus
    3. diky wanda siregar25 Agustus 2014 pukul 16.40

      kak, kompetensi seperti apa yg harus dimiliki seorang ahli k3?

      Hapus
    4. mohon maaf, apakah lulusan d3 k3 dan d4 k3 akan berbeda nantinya dalam bidang pekerjaan?

      Hapus
  5. salam kenal k,, Insya Allah thn depan saya ingin kulyh k3 kelas extensi,,, kbetulan saya wanita k,, menurut kk" salah gx y k,, kl saya ambil k3,, karena kebetulan saya wanita k,, prospek pekerjaan nanti bagi wanita lulusan k3 sulit tdk y k?? terima kasih,,,,

    BalasHapus
  6. Writer: Buat mas Kuli_asli. btw di UI itu program S1 K3 atau cuma sebuah konsentrasi di jurusan kesehatan masyarakt??
    oke akan saya tambahkan.
    emang kenapa seorang K3 harus social person dan pandai bergaul??
    sekarang saya semester 3 di K3 UNS.
    btw gaji di astra berapa mas untuk yg bukan section head??

    Buat mbaknya, wanita banyak banget yang ambil K3,nyatanya kakak tingkatku yg cewek ada yg kerja di pertambangan, rumah sakit, pabrik mie intant, pns, dll. peluang buat cewek gede jg lho...ga kalah sama yg cowok



    BalasHapus
  7. saya juga anak ekstensi K3 di UI masih meraba2 nih hahaha, belum puas dengan kerja yang sekarang, semoga lulus K3 nanti masa depan lebih cerah, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak boleh di share gak matkul yg k3 ekstensi apa aja?? benar ekstensi nya 3.5 tahun?? saya dr vokasi perumahsakitan. makasih kak

      Hapus
  8. ya, semoga lulusan K3 di masa mendatang lebih mapan...ammin.
    hehe

    BalasHapus
  9. kalau daerah yogyakarta itu di universitas apa ya??????

    BalasHapus
  10. nggak ada kalu di jogja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di bandung universitas yg ad jurusan k3-nya dmna yaa?

      Hapus
  11. ass, aku mita grade 11, aku mau nanya kaka-kaka, jadi gini aku emang mau mau masuk jurusan K3 tapi aku emang belum paham, bakalan dimana nanti kita setelah masuk jurusan tersebut, dan kira" univ mana yang terdapat jurusan tersebut selain UI?.. terimakasih sebelumnya ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. K3 itu mengurusi safety, health, dan lingkungan di perusahaan2. kalau kamu liat, semua perusahaan itu menerapkan K3, termasuk Bank dan perhotelan. universitas yang ada K3 nya itu UNS Solo dll, bisa dibaca diatas

      Hapus
    2. kak selain disolo dimana la y? univ yg ada prodi k3'a?

      Hapus
    3. kalau lulusan FKM UNDIP gimana?

      Hapus
    4. oke ka terimakasih banyak infonya ;)

      Hapus
    5. dan yang fenomenal jurusan yang lebih lengkap silakan daftar di UNJ ( universitas negeri Jakarta )
      di kampus ini ada jurusan teknik mesin fire protection and safety engeneering (S1)
      bekerja sama dengan universitas-universitas japan,amerika,dan eropa
      bisa langsung K3 pada saat S2.

      Hapus
  12. berapa tinggi badan minimum buat masuk prodi atau lwongan krja di jrusan k3? mhon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batas minimal tinggi badan untuk masuk jurusan ini..

      Hapus
    2. Kalau di unair sby Tinggibadan minimal 160cm untuk laki-laki dan 155cm untuk wanita

      Hapus
  13. maaf boleh tanya? kira - kira kita lebih baik ambil K3 yg D3, D4, atau S1??? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang yang D3 Hiperkes itu tidak bisa bekerja di rumah sakit.., jabatanya biasanya safety officer..yang jenjang D4 banyak juga yang jadi safety officer tetapi lebih mudah untuk mendapatkan promosi atau naik jabatan.. S1 kan sama aja dengan D4.
      jadi terserah anda mau ambil yang mana.
      D4 udah dapat gelar sarjana juga.
      semuanya bagus.

      Hapus
    2. kak mau nanya nih kalo K3 di UNS itu d4 kan? itu akreditasinya brp? nah kalo menurut kaka mending ambil k3 dimana di unair ato ppns ato uns? thx kak mohon dijawab

      Hapus
  14. ka masuk jrusan k3 d'uns jalur pmdk itu mudah ap g y?
    kira" peminatnya bnyak ato tidak?

    BalasHapus
  15. Kak saya mau tanya di jurusan k3 ada mata kuliah yang berhubungan dengan fisika atau gak? kebetulan tahun ini saya mau ikut undangan D3 UNS jurusan k3. Makasih:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, di jurusan K3 ada pelajaran Fisika Kesehatan, Mesin Safety, Instalasi listrik safety, dll. tapi fisika nya nggak mendalam kok. cm buat pengetahuan dasar aja.

      Hapus
  16. kakak ada lagi ngak kak universitas yang ada prodi K3 ini kak selain yang diatas?
    sy mau ikut tapi masih nyari dmana aja? kalo bisa di sekitar jkt, jawa barat-tengah.
    kalo yang ikut PMDK UNS itu sekolah harus terdaftar dulu ya? baru bisa ikut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya...klo dekat sama jkt ya UI. Fakults KM, ekstensi k3.

      Hapus
    2. PMDK UNS semua sekolah bisa kayaknya...ini kan program diploma

      Hapus
  17. apakah di jurusan ini banyak perempuannya juga kak? atau mayoritas laki-laki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kelasku malah yg cowok jumlahnya cuma sepertiga

      Hapus
    2. aq d3 hiperkes semester 2.. byk cew nya loh di kelas... dri 54 mahasiswa. cow nya cuma 13 org...

      Hapus
  18. Untuk pljran bioligi dan kimia apa d plajari smpai mndalam?

    BalasHapus
  19. saya mau tanya kak,kalau dari D3 perawat ke D4 k3.. kira2 bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, itu tergantung kampusnya. di binawan bisa. aku lulusan d3 perawat, sekarang kuliah D4 K3 di binawan

      Hapus
    2. mbk dian itu k3 kuliahnya ngelanjutin yg d3 perawat aja ya?
      apa ngulang dari awal??

      Hapus
  20. Permisi mau tanya, saya sudah diterima dijurusan K3 PPNS Surabaya. tapi saya bimbang untuk daftar ulang karena saya juga masih menunggu pengumuman SNMPTN. ada saran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak,di ppns ikut pmdk gel berapa? boleh tanya2 ga?

      Hapus
  21. kalau menurutmu jurusan yg km pilih di snmptn lebih bagus, ya daftar aja snmptn. tapi sebaiknya yg ITS itu km daftar ulang dulu biar ga' kehilangan. ntar nyesel low klo hilang 2-2 nya...

    BalasHapus
  22. permisi mau tanya kira2 k3 peluang kerjanya lebih banyak kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluangnya banyak ke konstruksi dan pertambangan..

      Hapus
  23. jurusan k3 boleh nggak berkacamata?

    BalasHapus
  24. boleh gak dari jurusan ips

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat boleh..
      temen2 ane ada yg dr jurusan ips..

      Hapus
  25. please tolong di bantu boleh gak dari urusan ips

    BalasHapus
  26. jadi kerjanya k3 itu seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembaca yang saya banggakan, K3 itu sebenarnya sesuatu yang sepele. tapi karena kesepelean itu, ternyata banyak nyawa yg menghilang sia2. sistem jadi amburadul. maka dari itu pemerintah memutuskan 2015 semua perusahaan harus mempunyai sistem k3. ahli k3 (safety officer) akan mempunyai beberapa tugas:
      safety talk, inspeksi k3, jsa, safety meeting, audit k3, investigasi,dll.

      Hapus
    2. Mau urun rembug saja, Saya seorang praktisi SHE di Pertambangan Mineral di salah satu Group terbesar di Negeri ini. Bila zaman dulu sangat terbatas memilih studi dengan keahlian K3, maka saat ini sdh byk dan bisa memilih sesuai disiplin ilmu yang diharapkan. Pekerjaan di lingkungan K3 ini sangat menantang, dan soal Salary cukup bisa membanggakan (di pertambangan lo), adik2 dan rekan2 sekalian jangan ragu, pelajari dan pahami baik2, dan kami menunggu lulusan2 muda yang lebih cerdas dan Leadership yang bagus. Selamat kepada semua

      Hapus
    3. assalamualaikum ..
      saya mau tanya, pendaftaran jurusan k3 itu apa bisa lewat jalur undangan? atau lewat jalur test sbmptn?

      Hapus
  27. kak, untuk 4 tahun mendatang K3 prospek kerjanya masih bagus atau semakin sempit keliatannya?
    krn tahun ini q keterima di D4 K3 PPNS surabaya
    sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembaca yang luar biasa, justru saya sangat gembira karena 2015 ke sana K3 semakin prospektif. pemerintah (kemenakertrans) menargetkan di tahun 2015 semua perusahaan harus mempunyai sistem managemen k3. kamu ga' usah bimbang...masa depan udah diatur dengan baik oleh Allah SWT.

      Hapus
    2. maaf saya mau tanya, kalo Di PPNS-ITS ada kuliah karyawannya gak? untuk D4 K3?

      Hapus
  28. hai kak...aku mahasiswi FKM semaster 4,
    berhubung semester 6 nanti kami akan mengambil peminatan, rencananya saya mau ngambil peminatan K3...menurut kakak prospek kerja untuk lulusan FKM peminatan K3 untuk mendatang apakah sebagus yang 3 atau 4 tahun yang lalu kak

    BalasHapus
  29. hai kak mw tnya.... ada gak pelatihan k.3 dari umum? mksudnya pelatihan za, tidak ikut kul program study gt... mkch...

    BalasHapus
  30. hay kk
    mw nanya nich,,jadi yg buta warna parsial ga bisa masuk k3 neh????
    mohon infonya ya
    makasih

    BalasHapus
  31. mau tanya ya kak..saya lulusan D3 Kebidanan trus mau lanjut ke K3,di UI ada kelas karyawan/ekstensi ga? thank u..

    BalasHapus
  32. maaf kalo boleh nanya di mana tempat kuliah k3 yang bisa dari jurusan ips dan biayanya murah???thank please di bantu

    BalasHapus
  33. diterima K3 tahun 2013, prospek baik 2015.
    masuk tahun 2013, lulus kira-kira tahun 2017. masih prospek kah??????

    BalasHapus
  34. berapa biaya masuk untuk jurusan ini di uns?

    BalasHapus
  35. Assalamu Alaikum,, Kak.
    Alhamdulillah saya diterima di D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja.
    tapi, saya masih ragu2 kak.padahal pembayarannya hanya sampai tgl 19 april ini.
    mohon sarannya kak !

    BalasHapus
  36. Kak, saya lulusan d3 kebidanan. Bbrp matkul-nya ada yg mirip matkul dasar d k3, kira2 kudu ngulang dr awal lagi atau bisa kepake itu sks-sks yg sama?
    Trus kak, kl kuliah d swasta bukan negeri, kira2 lebih susah cari kerja-nya gk nnti untuk lulusan k3?

    BalasHapus
  37. Sebenarnya apa sih kak, keunggulan peminattan K3 dibandingkan MRS?
    trus kiranya prospeknya lebih bagus mana?

    BalasHapus
  38. Mas meddy, saya minta izin nih g' sengaja baca blognya, kebetulan tempat saya kerja lagi cari karyawan jurusan Keselamatan/Kesehatan/Kerja (K3). Yg baru lulus atau sdh pengalaman 2 tahunan, tapi diutamakan cowok, domisi Jakarta dan sekitarnya. Adik" yg berminat silahkan email ke saya: ruhailah@wmi-indonesia.com

    BalasHapus
  39. Saya lulusan S1 Keperawatan, bisa ga melanjutkan ke S2 K3. Trimk

    BalasHapus
  40. Saya juga lulusan S1 keperawatan,, kira2 masih bisakah masuk ke S2 K3?? Thx

    BalasHapus
  41. saya mahasiswa s1 K3. Kak, saya mau tanya, lulusan s1 k3 kalo mau jadi PNS, bisa di departemen pemerintahan mana saja ya (selain Depnakertrans dan BNPB)?? terimakasih

    BalasHapus
  42. heiho, aku mhasiswi kesling semester akhir. pngen lanjut S1 K3 di daerah jawa di univ mna aja yah? trus kpan aku bisa daftar nya? mkasih :)

    BalasHapus
  43. saya sedang kuliah semester V di stikes binhus palembang, kebetulan prodi saya SKM dan insyaallah mau ambil jurusan K3 di semester VII. mohon do'anya semoga kelak saya bisa bekerja dengan baik di jurusan K3. amin :)

    BalasHapus
  44. boleh dari jurusan ips nggak ? terus mata kuliahnya apa aja ya ? makasih :)

    BalasHapus
  45. Hallow kawan-kawan calon safety officer semua. Saat ini saya kuliah di Peminatan K3 FKM UNDIP, senang sekali melihat semangat kawan-kawan semua. Mari wujudkan semangat dalam tindakan menuju Budaya K3 2015 :)
    Fajrulfalakh.hse@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau lulusan k3 FKM undip setara dengan K3 PPNS-ITS gak? aku maba ni ka..

      Hapus
  46. assalamuallaikum wr.wb
    kak saya mau tanya kira" k3 itu kerjanya ngapain saja????
    makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Policy, Patrol, Inspect, Document, Audit, Check, Investigating, System, Management, Preventive, curative, rehabilitative effort, ext

      Hapus
  47. Bagi lulusan FKM yang mencari kerja di jakarta berminat untuk di develop sebagai HSE officer silahkan kirimkan CV ke hrd@bdrindonesia.co.id

    BalasHapus
  48. assalamuallaikum wr.wb

    klo untuk meneruskan dari D3 manajemen komputer ke D4 k3 itu bisa nggak ya?

    BalasHapus
  49. mo tanya ne bang, klo dr D3 keperawatan mo lanjut ke D4 K3 bs ga ya,, apa hrus kuliah D4 dr awal lg, ato bs alih jenjang langsung ke D4..???

    thank you>>

    BalasHapus
  50. mau tanya ka, kalau kesehatan masyarakat dan kesehatan dan keselamatan kerja bedanya apa ka?, terus K3 yang jenjang S1 itu di unversitas mana aja ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. k3 itu salah satu bagian dari 8 bidang kesehatan masyarakat. Kalau K3 jenjang S1 saya kurang tau, tapi yang saya tahu, kalau mau k3 yang s1 yaa, ikutnya sistem peminatan biasanya peminatan itu di semester 5, soalnya masa dari SMA langsung ambil K3, ilmu k3 itu kompleks banget.barang kali ada yang mau menambahkan?

      Hapus
    2. kalau k3 harus pintar bahasa inggris ga ka?

      Hapus
  51. Mau menambahkan, di UIN Jakarta sejak 2004 sudah ada Kesehatan Masyarakat (Kesmas) juga loh (S1) di dalamnya terdapat peminatan K3 juga. Kesmasnya masuk dalam fakultas rumpun kesehatan (FKIK).

    BalasHapus
  52. kalau di unsoed angkatan 2013 adalah angkatan pertama yang menggunkan sistem peminatan. dan saya adalah angkatan 2012, setelah menjalani kuliah 3 semester saya berfikir nantinya ingin bekerja di K3, namun saya ada kendala dengan bahasa inggris saya,seberapa besar pengaruh bahasa inggris dibidang K3 ini? mohon saran dan jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar pengaruhnya bila anda memilih bekerja untuk perusahaan dengan skala internasional atau perusahaan nasional yang pemegang saham, investor, direktur, stakeholder, ataupun top manajernya orang asing/ anak dari perusahaan asing

      Hapus
  53. Maaf kak mau tanya kalau ingin masuk k3 di ppns surabaya boleh ga buta warna parsial?

    BalasHapus
  54. saya maba D3 hiperkes keselamatan kerja universitas airlangga (unair) mau tanya ini jika saya kelak lulus lebih baik lanjut D4 atau cari pengalaman kerja dulu ya>
    mohon saran ya kakak* K3 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini dilematis maba D3 segala jurusan.
      Berdasarkan pengalaman saya, ekstensi ke S1/D4 itu sangat perlu tapi coba baca dibawah ini:
      1. 2015 seluruh perusahaan (Label PT.) wajib menerapkan K3/ SMK3 dengan syarat: lebih dari 100 pekerja, kurang dari 100 pekerja tetapi potensial hazardnya tinggi. ((KESEMPATAN KERJA TINGGI))
      2. Ekstensi sangat diperlukan untuk menunjang karir, naik jabatan. (kalau sudah terlanjur bekerja ada resepnya juga mengalahkan S1/D4, yaitu dengan cara mengikuti sertifikasi2), walaupun tetap ada perbedaan gaji pokok didalamnya.
      3. Perusahaan besar sangat menunggu kehadiran anda setelah lulus, untuk ekstensi ke D4 berarti anda harus mencari universitas dengan prodi K3 yang lebih baik akreditasinya dari kampus anda sekarang. karena ketika tempat ekstensi lebih jelek akreditasinya: perusahaan telah menduga bahwa anda mengincar posisi, bukan pengabdian terhadap perusahaan.

      Hapus
  55. ass ka, saya mita insyaallah ingin melanjutkan ke k3, saya mau tanya peuang masuk k3 sekarang ini bagaimana dan kira-kira kalau di perbandingkan berapa banding berapa? terimakasih , mohon jawabanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau setahu saya saat angkatan saya dulu untuk D4 K3 UNS perbandingan 60:300
      D3 hiperkes UNS 120:875

      Hapus
  56. bg bro,dengar" untuk K3 itu juga ditekankan dengan kemampuan B.inggris yang aktif y (Lisan maupun tulisan?
    mksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan saat perkuliahan b.ing dibutuhkan.
      tetapi saat nantinya di dunia kerja, karena istilah2 K3 masih mengadaptasi dari bahasa inggris.
      Makin kaya vocab makin mudah pelaporan dan menunjang perusahaan menuju standar internasional.
      bahasa inggris sangat dibutuhkan perusahaan terutama yang saham, direktur, stakeholder, ataupun investornya orang asing.

      Hapus
    2. jadi K3 itu musti pandai inggrisnya ya kak ?

      Hapus
  57. Balasan
    1. manifacture itu perusahaan yang berhubungan dengan pengolahan, pengorganisasian, perakitan, pemrosesan bahan baku menjadi bahan jadi.
      Seperti perusahaan perakitan motor, mobil, rig, drill, pipe, botol, dll.
      ada banyak perusahaan yang menjadi sub kontraktor pertambangan (emas, batu bara, oil and gas offshore onshore, dll) yang dapat membantu anda untuk menuju impian anda bekerja di pertambangan. tetapi anda juga bisa langsung melamar pertambangan apabila anda melihat lowongan kerjanya. karena lowongan kerja pertambangan sebagian besar hanya terarah di beberapa tempat (tidak terpublikaasikan), tempat tersebut meliputi: D3 Hiperkes UNS, K3 Uns, Akamigas, dll.
      jadi perlu adanya link terhadap informasi2 lowongan di perusahaan

      Hapus
  58. Saya berminat masuk undip fkm cumn saya agak pesimis masuk undip karena persaingannya yg sulit pdahal saya ingin sekali msuk undip , minta tipsnya biar nanti saya bisa lolos snmptn

    BalasHapus
    Balasan
    1. optimis aja, toh dibawah awan masih ada awan lagi.
      gagal di FKM undip masih ada D3 Hiperkes UNAIR dan UNS, atau D4 K3 UNS (Program diploma) yang tak kalah hebatnya.
      kuliah dimana saya sama saja, yang membedakan adalah upaya kita setelah lulus

      Hapus
  59. sangat bisa tok.. ni anee adnan.. ternyata kamu masi galau dan merasa tersesat masuk hiperkes ya..
    diantara kalian yang merasa tersesat, saya dapat pastikan kalau saya adalah orang yang paling merasa tersesat, karena saat masuk hiperkes ga sangka kalau isinya K3, babe ku bilang Hiperkes (Himpunan Perusahaan Kesenian) => gua kan anak senii..
    saya marah dengan bapak, 1tahun pertama waktu buat aklimatisasi, tahun berikutnya saya barusadar kenapa bapak saya mengarahkan ke K3 => SAYA BERTERIMA KASIH PADA BAPAK KARENA TELAH MENYESATKAN SAYA KE JALAN YANG BENAR..
    begitu gann.......

    BalasHapus
  60. Saya berminat masuk di hiperkes uns, tapi saya masih bingung saya mau ngambil yang D3nya. Nah setelah lulus bagaimana dan dimana untuk bisa meneruskan ke S1 ? Mohon jawabannya kak.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  61. saya lulusan d3 radiologi semarang kak...
    mau lanjut kuliah nih,,
    mau minta saran,,,
    lanjut di d4 stikes binawan atau s1 k3 di esa unggul ya??
    makasih sebelumnya..
    mohon jawabannya dari suhu'' k3...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalaw untuk jurusan yang lebih lengkap silakan daftar di UNJ ( universitas negeri Jakarta )
      di kampus ini ada jurusan teknik mesin fire protection and safety engeneering (S1)
      bekerja sama dengan universitas-universitas japan,amerika,dan eropa

      Hapus
    2. Untuk menjadi praktisi lebih sesuai D4 dengan sarjana sains terapan (SST K3), sedangkan S1 lebih cocok jadi akademisi (keilmuan) setahu saya begitu..
      Biasanya dunia industri lebih cocok denga praktisi...walaupun S1 juga bisa, tapi biasanya lebih didahului oleh praktisi dalam "bertarung" dilapangan....

      Hapus
  62. Saya rencana mau ambik k3,, di jakarta universitas mana yah yang ada kelas karyawan? Atau engga yg kuliahnya bisa hari sabtu munggu.
    Mohon infonya, makasih 

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalaw untuk jurusan yang lebih lengkap silakan daftar di UNJ ( universitas negeri Jakarta )
      di kampus ini ada jurusan teknik mesin fire protection and safety engeneering (S1)
      bekerja sama dengan universitas-universitas japan,amerika,dan eropa.
      apabila udah lulus lansung S2 K3.

      Hapus
  63. mau nanya ka aku bingung sama k3 katanya k3 ada 3 macam 1.keselamatan dan kesehatan kerja 2. kesehatan dan keselamatan kerja 3.fire and safty. itu sama aja or beda soalnya tahun ini insyaallah aku l.UN dan berencana mengambil J.K3

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending ngambil kuliah di unj di sana ada jurusan teknik mesin fire protection and safety engeneering lengkap semuanya dengan labnya.

      Hapus
    2. di program studi K3. kita akan mempelajari
      1. Keselamatan Kerja: (mesin, fire Safety, elektric, construction, tambang)
      2. Kesehatan kerja ( posisi kerja ergonomi, penyakit akibat kerja)
      3. Lingkungan ( AMDAL, manajemen lingkungan, B3)

      Hapus
  64. cuma nambahin..munkin ada pilihan lain, saya lulusan D3 informatika, dan sekarang bekerja sbg Safety Officer di perusahaan tambang batu bara, mungkin saran saya..buat rekan rekan..bisa mengambil program pelatihan atau training K3 yang banyak diselenggarakan oleh badan - badan pelatihan, skillnya gak kalah dari rekan2 yang memang kuliah di bidang K3...dan gaji seoarng ahli K3,,sangat menggiurkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas infonya mas Didit Kurniawan. ngomong2 mas didit sekarang sedang menjadi SO di tambang batubara mana yah? apakah mas didit setelah lulus langsung mengambil sertifikasi AK3 Umum?

      Hapus
    2. kak entar kalo udh kerja K3 itu kerjanya ngapain? sulit gak?

      Hapus
  65. kalo kuliah jirusan K3 swasta di mana ya

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. numpang tanya kak..kalo k3 di pekan baru atau padang dimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau dek, mending kuliah di K3 atau hiperkes UNS aja, akreditasinya udah B lho..

      Hapus
  69. kalaw untuk jurusan yang lebih lengkap silakan daftar di UNJ ( universitas negeri Jakarta )
    di kampus ini ada jurusan teknik mesin fire protection and safety engeneering (S1)
    bekerja sama dengan universitas-universitas japan,amerika,dan eropa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tambahan infonya. mas Arya apakah juga dari UNJ? itu akreditasinya apa kalau boleh tau?

      Hapus
    2. mau nanya nih kalo D4 Keselamatan dan kesehatan kerja di UNS itu skrng akreditasnya apa? terus kalo misalkan akreditasnya C itu apa berpengaruh dalam tar kita cari kerja? thxx

      Hapus
    3. buat dek Legantara wang, D4 K3 UNS tu akreditasinya B. akreditasi sangat berpengaruh terhadap prospek masa depan nantinya, tapi tidak hanya itu juga lho, semuanya tergantung pada kemampuan dan kesungguhan individu masing-masing.

      Hapus
    4. iya kak saya tau, sy emg bener pgn masuk K3 disisi lain Mipanya jg gak terlalu dlm kan kata kaka, jadi saran kaka kalo aku ngambil D4 K3 di uns itu udah bagus kan dg akreditasi B? thx kak dan saya juga udh daftar tp lewat jalur pmdk di ppns its

      Hapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Kalo buta warna persial boleh ga masuk ptn jurusan k3

    BalasHapus
  72. saya mau dftr k3 pake jalur snmptn apa bedanya sama pmdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jurusan K3 tidak ada jalur masuk melalui snmptn/sbmptn. yang ada hanya 3 jalur masuk; PMDK, SPMB diploma, UMB PT. untuk biaya kuliah per semester paling murah yang masuk melalui jalur masuk PMDK. yang paling mahal yang masuk melaui UMB PT.

      Hapus
  73. klu masih ada yang simpel knapa ga
    sya mahsiswa K3 smster 3 skrang di kampus STIKIM-IMA JAKARTA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya juga taun ini mau lanjut kuliah dari D3 keperawatan ke SKM di STIKIM jaksel,karena yg swasta cuma stikim yg akreditasinya B. Rencana saya mau ambil K3. Yang mau saya tanyain sama mas bona rata-rata harus pinter bahasa inggris,sedangkan saya kurang bisa bahasa inggris,jadi gimana tuh? Makasi tolong dijawab ya mas bona

      Hapus
  74. Ka bedanya D4.k3 uns sama D4.k3 ppns-its itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. K3 ITS itu berbau sangat engineering, pembahasanya sangat teknis sekali. (keselamatn kerja nya lebih bagus). kalau di k3 UNS itu pembahasanya lebih ke kesehatan kerja. (Penyakit akibat kerja). tetapi kedua nya sama-sama memiliki peluang kerja yang sama.

      Hapus
  75. biaaya per semester berapa ya kakk yang D4 K3 uns jalur pmdp ato sbmptnapa sama????
    trima kasihh...

    BalasHapus
  76. Mohon maaf bisa berbagi info Pasca Sarjana jurusan K3 selain UI di Jakarta?.

    BalasHapus
  77. kakak kakak semua yang baca komen saya ini tolong dijawab secepatnya ya, saya butuh info dan motivasi dr kalian semua. saya skrng kelas 3 SMK Kesehatan. dan di tahun 2014 ini saya mau ambil jurusan FKM yang minat K3. tadinya saya udh kekeh dan mantaplah buat ambil jurusan K3 ini. tapi akhir akhir ini banyak yang bilang kalau kemas susah nyari kerja. udh gitu saya kan cewe, dan biasanya perusahaan nyari ahli k3 itu cowo. pokoknya kemungkinan besar cewe peluang kerjanya susah. apalg 2015 semua perusahaan hrs punya ahli K3, sedangkan saya istilahya baru akan memulai kuliahan dan itu artinya saya bakal jd ahli k3nya masih 4 tahun lagi. pasti peluang kerja untuk tahun saya yang mengambil jurusan k3 bakal sempit? jadi saya harus gimana kak? saya butuh motivasi dari kalian yng udh ngambil jurusan K3 ini.makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dek Puja Sagita atas pertanyaanya.
      Jurusan K3 akan selalu bagus prospeknya tahun berapapun kamu lulus nantinya, jadi jangan mengkhawatirkan hal ini, karena di perusahaan itu karyawan silih berganti dan membutuhkan karyawan baru secara kontinyu. Kalau masalah FKM dengan peminatan K3, itu juga bagus sekali, terutama FKM UI, FKM Undip. lulusanya bagus2. sedangkan untuk cewek, kalau kamu emang bener-bener pinter, dan mampu, pastinya nanti dapat posisi yang bagus di tmpat kerja. udah terbukti kakak2 tingkat aku.

      Hapus
  78. kak ? yang bagus itu langsung ambil jurusan k3 atau FKM dlu baru minat k3 sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku itu sama aja hasilnya. tinggal kamu pilih strata 1 (S1), atau diploma. monggo..

      Hapus
  79. cuma mau share nih tentang teknik k3 ppns , saya mahasiswa ppns semester 2.
    di sini saya belajar banyak sekali dan lengkap banget mulai dari lab, bengkel dan matkul nya yang k3 banget,
    teknik k3 di ppns juga termasuk favorit loo solanya satu-satunya di indonesia . salam safety !!!

    BalasHapus
  80. saya PNS lulusan d4 kmb, relevankah jika saya mau tubel s2 k3. mohon info dmn saya bisa mendaftar? (UN akreditasi minimal B). terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  81. Gan ane mau nanya, klo PMDK jurusan K3 itu yg paling d lirik mata pelajaran apa ? Makaasih

    BalasHapus
  82. saya mau tanya Perguruan tinggi yg ada di jawa timur yg ada prodi K3 dimana saja?

    BalasHapus
  83. permisi, saya nova lulusan d3 dan s1 perawat
    kalau saya ingin ambil fokus k3 apakah bisa langsung lanjut s2 atau harus mengulang dari d3/d4/s1 k3 ????
    saya masih bingung, mohon bantuan infonya,
    terima kasih..

    BalasHapus
  84. saya nimpang berbagi sedikit, sebenarnya saya lulusan Ekonomi dan sekarang berkerja di perusahaan tools untuk oil & gas, kemarin ayah saya menyuruh saya kuliah lagi mengambil jurusan K3 di Universitas Balikpapan, karena ayah saya bekerja di sebuah perusahaan oil & gas di balikpapan dan beliau tau benar prospek untuk lulusan K3, taun ini saya mulai kuliah jurusan K3,
    pesan buat teman2 yang mau kuliah dan menganbil jurusan K3 jangan ragu2 karena karena banyak dicari oleh perusahaan2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata sapa kak ? boleh tau bisa berbagi lowongan yang untuk lulusan K3 ?

      Hapus
    2. baru mulai thn ini kak? wah berarti seangkatan nih bisa

      Hapus
  85. Saya mau nanya, saya mahasiswa kesehatan masyarakat peminatan k3 disalah satu universitas swasta jakarta. Bagaimana persaingan saya nanti (yg dari swasta) saat melamar pekerjaan dengan mahasiswa k3 dari universitas negeri?

    BalasHapus
  86. saya mau nanya, saya mahasiswa FKM UI dan semster depan saya akan pemilihan peminatan. rencananya saya mau ambil k3 krn dr awal masuk FKM tujuan saya memang k3. saya mau nanya utk perempuan bagaimana prospek utk bekerja di perusahaan minyak, pertambangan dll utk di bidang safetynya? apakah peluangnya juga besar? dan biasanya perempuan ditempatkan dibagian apa di perusahan utk bagian k3?

    saya dengar dr dosen saya kalau perusahan jg banyak mencari tenaga kerja k3 yg perempuan

    BalasHapus
  87. Mau tanya2 nich.. Saya lulusan S1 teknik lingkungan uii mau ambil S2 K3 kira- kira prospek kerjanya untuk k3 nya luas gak ya mas? Kl lulusan k3 perlu sertifikat penunjang gak ya? Makasih.

    BalasHapus
  88. mau tanya nih saya kan udah diterima di d3 hiperkes unair, menurut anda saya harus alih jenjang ke s1 atau tidak untuk kedepanya? terimakasih

    BalasHapus
  89. Masukannya donk kak, sya lulusan D3 radiology, kira2 kalo lanjut S1 K3 dimana ya?
    Kalo ada yg akreditasi B, bisa kirim k email eenborneoradiology@yahoo.co.id
    Sekalian sharing aja...Mksh!

    BalasHapus
  90. lewat ppmb unair aja Alih jenjang akreditasi nya A bos :D mantap

    BalasHapus
  91. misi ka saya mau nanya di Universitas sebelas maret itu ada D3 keselamatan kerja dan D4 kesehatan kerja itu bedanya apa ya ka?
    makasih

    BalasHapus
  92. assalammualaikum wr wb , selamat bulan puasa gan , mau tanya dong ada ug tahu akamigas balongan ga ? saya alhamdulilah diterima di situ dan kebutan saya dapet jurusan HSE oil and gas , prospek kerjanya gmna ya ?

    BalasHapus
  93. klo dari IPS bisa tdk?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  94. Saya sedang menempuh pendidikan D3 jurusan Teknik dan Manajemen Lingkunga di IPB. Apakah bisa bila saya nanti mengambil ekstensi K3 di FKM UI? Ataukah ada alternatif lainnya? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  95. Permisi kak. Kalo mau ikut pelatihan k3 gimana ya kak prospeknya??

    BalasHapus
  96. Numpang nanya dan cari info buat kaka" disini yang tahu. saya saat ini sdng menempuh pndidikan jurusan Kesehatan masyarakat kebetulan peminatannya mengambil K3. untuk lulusan K3 di perusahaan/ rumah sakit apakah ada ketentuan/ persyaratan untuk melakukan pelatihan K3 terlebih dahulu? dan apakah sertifikat training mempengaruhi jika ingin melamar pekerjaan? teimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  97. Salam urum rembuk

    Kalau di perusahaan seperti kami,biasanya lulusan k3 yg berpengalaman cukup hse di perusahaan bisa ikut menjadi trainer atau instruktur /nara sumber.

    Dan pendapatannya lumayan $_$
    Asal memiliki pendidikan pengalaman dan kompetensi yg sesuai...

    Mungkin bisa jadi masukan buat adik adik sekalian.


    Salam k3
    LT
    Ketua TUK K3 BNSP
    www.transafeindonesia.com

    BalasHapus
  98. selamat pagi kakak kakak/ibu/bapak.
    saya mahasiswa kesmas, yang berminat magang k3, kira kira perusahaan mana yang cocok untuk menerapkan ilmu k3 saya ya? dan tentunya perusahaan yang mau menerima mahasiswa magang bulan agustus 2015. mohon jawabannya, terimakasih

    BalasHapus
  99. Jadi ngiri nih abang kakak, saya dari FKM peminatan Kesehatan Lingkungan, kadang rasanya menyesal gak jadi ambil peminatan K3 hohoho -_-

    BalasHapus
  100. INFORMASI LOWONGAN.
    PT. Samator
    Jl. Kedung baruk 25 - 28 surabaya, jawa timur.

    STAFF HSE
    - Pria, S1 Teknik Kesehatan masyarakat
    - Usia max 30th
    - Memiliki sertifikat K3

    kirim CV : recruitment_smtg@samator.com /elizabethaprilia10@gmail.com

    BalasHapus
  101. Halloo.. salam untuk semuanya,
    Bagi yang memerlukan informasi lowongan.
    silahkan kirim CV anda ke alamat email yang sudah di cantumkan ya.
    diutamakan yang memiliki sertifikat K3

    BalasHapus
  102. Hai semua.

    Bagi temen-temen yang ingin kuliah K3 (terutama temen-temen SMA) di FKM UI akan membuka Program Studi K3 untuk S1 Reguler (via snmptn/simak ui untuk siswa/i sma) tahun 2015 ini dengan gelar pendidikan (S.KKK). Jadi peminatan K3 nanti akan ditiadakan dengan dibuatnya prodi baru ini.

    Tahun 2015 nanti, S1 Ekstensi FKM UI akan berganti nama menjadi S1 Paralel untuk jurusan D3. Sama seperti Fakultas Teknik UI yang beberapa tahun ini menutup program ekstensi dan dijadikan program paralel.

    Di FKM UI, peminatan K3 (masih bergelar S.Kes) dimulai dari semester 5 untuk S1 Reguler dan Semester 3 untuk S1 Ekstensi. Hanya saja kalau masuk ekstensi, sudah ditentukan pemintannya sejak pertamakali mendaftar masuk.

    Nah kalo temen-temen mau kuliah K3 di jakarta bisa di UI, UIN Jakarta dan Univ. Muhammadiyah Jakarta).

    Salam K3.

    BalasHapus
  103. Pengen kerja sebagai K3 modalnya cuma ijazah OHSAS 18001 : 2007 sama ijasah SKM dari UI tp jurusan AKK, cukup gak ya?
    Mau ikut training AK3 Umum tapi biayanya gk sanggup.
    Saat ini sih saya bekerja di kemenkes tp masih berstatus kontrak pengen pindah ke industri nambah pengalaman baru..

    BalasHapus
  104. kan mulai tahun 2015, setiap perusahaan i harus ada k3 nya toh kak
    hla, sebenere yg dimaksud itu i lulusan d3 hiperkes apa d4 k3?
    minta masukanya kak, makasih

    BalasHapus
  105. klau masuk uns hiperkesnya bagus masuk d3 atau d4 nya ya ka..mohon masukannya ..mksh

    BalasHapus
  106. aslmkm... kakak2 semua mau tanya, kalo di PPNS-ITS untuk jurusan K3 ada perkuliahan untuk karyawan gak? kalo dari D3 Teknik elektromedik ke D4 K3 bisa gak?

    BalasHapus
  107. klo ke D4 K3 bisa masuk formasi cpns kemenkes

    BalasHapus
  108. Ada yg bekerja jd pns di daerah g?

    BalasHapus
  109. kak saya mau tanya, kalo kita kerja nanti kita banyak ngmongnya nggak sih ? trus kalo sebagai Section head safety nanti kita kerjanya ngapain aja ?
    makasih kak salam kenal .. minta doanya juga kak senior, semoga saya bisa meneruskan jejak anda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Safety Officer ataupun section head itu pasti nanti harus banyak ngomongnya. karena kita harus mempengaruhi perilaku orang lain. makanya pesan saya, di latih cara berkomunikasiny.
      Safety itu tiap pagi briefing perihal isu keselamatan kerja di tempatnya, setelah itu lanjut inspeksi dan mengecek work permit, setelah itu membuat laporan dll

      Hapus
  110. jurusan k3 yang bisa transfer atau lintas jalur dr jurusan lain dimana ya ?
    kbetulan sya dr jurusan KALK.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  111. mau nanya, apa pada saat kerja di k3, fisik sangat berpengaruh? terus sedalam apa mata kuliah biologi dan kimia pada saat proses belajar K3

    BalasHapus
  112. dear rekan2 bagi yang membutuhkan pelatihan "AHLI K3 UMUM - SERTIFIKASI DEPNAKERTRANS RI" dengan biaya cukup murah dapat menghubungi kami dengan CONVERSA INDOTAMA training & konsultan, di LINE 081327671914, www.conversaindotama.com dapat dilaksanakan di surabaya dengan kuota min 40 orang.

    BalasHapus
  113. Saya ingin bertanya mengapa biaya training k3 dapat berbeda2 di tiap konsultan penyelenggara.
    Termurah yang saya temukan sekitar 4 jt. Apa kekurangan dr biaya training yg lebih murah,padahal sama2 sertifikasi dari depnaker?
    Terima kasih mohon bantuan untuk jawabannya karena saya berencana akan mengikuti pelatihan k3 ini

    BalasHapus
  114. Perbeda tergantung dengan kuota pesert dan lokasi tempat pelatihan,dan dari fasilitas yang diberikan, misalnya tas, fasilitas penjemputan, untuk lokasi di surabaya dengan minimal jumlah peserta 40 biaya training kami dibawah harga 4 jt. Semoga dapat membantu.

    BalasHapus
  115. Salam hormat,saya lulusan d4 k3 uns 08....
    Jika ada yg mau sharing ttg k3 atau bertanya saya welcome...apalagi yg juga dr uns hehe...
    Untuk menambh teman sharing dan berbagi informasi juga.
    Fb_amr.rasyiid@yahoo.com

    BalasHapus
  116. Salam hormat,saya lulusan d4 k3 uns 08....
    Jika ada yg mau sharing ttg k3 atau bertanya saya welcome...apalagi yg juga dr uns hehe...
    Untuk menambh teman sharing dan berbagi informasi juga.
    Fb_amr.rasyiid@yahoo.com

    BalasHapus
  117. Salam hormat,saya lulusan d4 k3 uns 08....
    Jika ada yg mau sharing ttg k3 atau bertanya saya welcome...apalagi yg juga dr uns hehe...
    Untuk menambh teman sharing dan berbagi informasi juga.
    Fb_amr.rasyiid@yahoo.com

    BalasHapus
  118. Sebelum saya bertanya saya mau crita pengalaman sdikit. Saya lulusan 014 trus saya kuliah teknik elektro. Tapi sayangnya kampus saya terlalu jauh dan akhirnya saya putuskan buat pindah kampus skalian pindah jurusan . Saya daftar di Yayasan Pendidikan Makassar (YAPMA), dstu ada Akademi k3. Jadi saya skarang kuliah dstu. skarang udah mau final smester 2. Saya tau pluang kerjanya sangat terbuka, tapi saya takut dengan gajinya. Apakah gajinya lulusan k3 sama dengan karywan diperusahaan? gajinya skitar brapa? apakah ahli k3 bisa dsebut buruh?? saya masih bngung. Tolong komentarnya

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. kk boleh nanya gk? misalnya aku ambil d3 k3 di slh satu universitas swasta jakarta trus mau nerusin s1 k3 di Ui bisa gk? Terimakasih

    BalasHapus
  121. kk mau nanya. lulusan d3 k3 apa bisa langsung kerja ? kalau bisa kira-kira dapat jabatan apa ? terimakasih

    BalasHapus
  122. Bisa gak lulusan k3 bekerja dirumah sakit....mksh

    BalasHapus
  123. Bisa gak lulusan k3 bekerja dirumah sakit....mksh

    BalasHapus
  124. Malam , saya iqbal wahyu irawan mahasiswa akamigas balongan. Salam kenal rekan2 k3 bisa sharing pengalaman di dunia migas jika ingin tahu . Bisa kontak saya di 081310751031 safety first !

    BalasHapus

 
Blogger Templates