Social Icons

Soft Skill Yang Diperlukan Seseorang Dalam Bekerja

             (Gravitasi Diri12/05/2017), Salam hangat untuk pembaca semuanya, jangan bosan-bosan ya buat selalu baca-baca tulisan blog aku, kali ini aku ingin menulis artikel tentang soft skill dan kemampuan yang didiperlukan seseorang dalam bekerja, karena dengan kemampuan-kemampuan ini seseorang bisa menjadi tenaga kerja / karyawan yang sukses ditambah lagi potensi-potensinya bisa menjadi maksimal. Faktor-faktor tersebut meliputi:


      Komunikasi (Public speaking)
Komunikasi memang menjadi faktor terpenting saat seseorang sedang bekerja di suatu tempat/perusahaan, karena di perusahaan pasti sangat banyak terdapat personil/tim/karyawan, sehingga untuk koordinasi satu dengan yang lain pasti harus berkomunikasi dengan baik, baik pada saat rapat, presentasi, dan negosiasi. Jika seorang karyawan kesulitan dalam berkomunikasi, orang lain ataupun atasan akan underestimate terhadap karyawan tersebut dan menganggapnya tidak mumpuni. Makanya kemampuan berkomunikasi harus sering-sering dilatih & ditingkatkan. Cobalah baca buku public speaking, berlatih berbicara di depan umum, mencari-kosa kata-kosa kata baru yang bagus buat diterapkan.


      Kemampuan Komputer
Setiap jenis pekerjaan pasti tidak lepas dari penggunaan komputer, tidak perlu skil dewa kayak turbo pacal, c++, java, kita hanya perlu belajar program sederhana seperti misalnya Microsoft excel, word, power point, corel draw & adobe photoshop untuk designer, dan autocad untuk sesorang yang berprofesi sebagai engineer. Jika tidak bsa mengoperasikan komputer pasti pekerjaan jadi amburadul dan tidak maksimal, maka dari itu yang belum bisa harus terus belajar agar mahir.

            Bahasa Inggris
Walaupun perusahaan memang aslinya dari Indonesia, tetapi kadang manual/instruksi  kerja bersumber dari luar negeri dan menggunakan bahasa inggris, maka seorang karyawan harus paham & mampu berbasa inggris baik membaca, ataupun secara lisan. Perbanyaklah kosa-kata bahasa inggris anda, berlatih dengan membaca artikel-artikel English misalnya di jakartapost.com , carilah arti dari setiap kata yang bekum paham sambil dihafal sedikit-sedikit, dengan begitu perlahan-lahan English skill akan bagus sekali jika rajin berlatih.

            Kemampuan Melobi
Kadang-kadang memang diperlukan kemampuan untuk melobi dimana kondisinya dalam keadaan yang rumit, hal ini bertujuan agar rencana kerja bisa dilaksanakan dengan cepat, hemat, dan tepat sasaran. Factor ini tidak jauh-jauh dari komunikasi juga, tetapi sebenarnya lebih dari itu, sebagai contoh bisa melobi ke supplier  untuk mendapatkan harga yang murah, melobi tender untuk sebuah proyek kepada ownernya, melobi orang pemerintah untuk turut membantu pekerjaan kita di pekerjaan umum.

            Attittude
Kita tidak perlu membahas & selalu mengasah skill terus, ada hal lain yang lebih penting dari semua yang saya jelaskan di atas, kadang kita harus merenungkan tentang yang ada di dalam diri kita, yaitu Sikap/ Attitude,sopan santun, kalau istilah jawanya tindak-tanduk, unggah-ungguh. Percuma saja jika seorang karyawan otaknya pintar (encer), komunikasinya lincah, mahir mengoperasikan komputer tetapi attitudenya jelek, suka berbuat tidak sopan & seenaknya sendiri, orang seperti ini pasti tidak akan dihargai, 

            Rasa percaya diri
Sebagai seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, tentu banyak terdapat personil dengan karakter yang berbeda-beda, cobalah berbaur, beranilah tampil di depan umum, tetapi kita tidak boleh sedikit-sedikit malu, sedikit-sedikit malu, makanya kita gak bakal dapat apa-apa.  Maka dari itu, cobalah tunjukkan confidentmu.  Malu boleh, tapi jangan malu-maluin yak :D.

Rasa Humor
Sering sekali, menceritakan jokes/humor ditengah segala keseriusan tentang kerjaan itu bisa mencairkan suasana. Ditambah lagi menceritakan jokes/humor bisa meredakan stress akibat kerja. Selain itu, tertawa bisa meningkatkan hormone endhorpin yang membuat kita bisa merasa happy. Jadi, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates