Social Icons

Macam-Macam Training Yang Diperlukan Dalam Pekerjaan Di Offshore (Migas)

Bekerja di tambang minyak lepas pantai memang mempunyai risiko tinggi dan adanya banyak kondisi bahaya, maka dari itu setiap karyawan dan tenaga kerja yang berangkat kerja di sana diharuskan mengikuti beberapa pelatihan /training yang berkaitan dengan risiko yang ada supaya keselamatan dan kesehatan tenaga kerja bisa dikendalikan dari awal. 




Pelatihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Basic fire fighting
Pelatihan ini biasanya diadakan oleh dinas pemadam kebakaran kota setempat, dan ada jenjang/level untuk pelatihanya.
2.  CPR & First Aid Training
CPR & first aid bisanya diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Macam pelatihanya antara lain resusitasi jantung paru (RJP), teknik membidai saat ada kecelakaan yang menyebabkan patah tulang, teknik memberikan nafas buatan (CPR), dan menangani luka bakar.
3. Basic Sea Survival (BSS)

Training ini dilakukan agar setiap peserta memiliki kemampuan bertahan hidup bila terjadi kecelakaan/ tenggelamnya kapal di laut terbuka yang meliputi : cara pemakaian pelampung, cara melompat dari kapal ke laut yang benar, cara naik ke sekoci yang benar, dan bagaimana mempertahankan diri dari serangan predator seperti ikan hiu, dll. Pada training ini, diharapkan bahwa setiap peserta sebelumnya sudah memiliki kemampuan basic dalam berenang.
4.   Helicopter Escape (HUET)
Training ini dilakukan agar setiap peserta memiliki ketrampilan bertahan hidup dan menyelamatkan diri apabila terjadi kecelakaan pada helicopter yang akan mendarat darurat baik di darat maupun di laut. Training ini meliputi : posisi yang benar pada saat terjadi benturan di helicopter, teknik menyelam ke permukaan laut, cara mengembangkan life jacket di dalam laut, praktek menyelamatkan diri di air menggunakan simulasi helicopter,dll.
5.   Basic Offshore Safety Induction & Emergency Training (BOSIET)

Pada taining BOSIET (Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training) ini kalian akan mempelajari tentang bagaimana melakukan persiapan untuk penanggulangan keadaan darurat, penggunaan alat-alat keselamatan kerja, pertolongan pertama pada saat  keadaan darurat seperti kebakaran ataupun yang lainnya khususnya di daerah lepas pantai, materinya antara lain: Basic Fire Fighting theory,Practical uses of fire extinguishers, fire blanket, oil fire & gas fire,Basic Life Support & CPR, Hazard of over water operations, Pre ditching drills, Surface abandonment, Underwater escape from SWET’s, Sea Survival skills and techniques, Water rescue technique and equipments.
Itulah macam-macam training yang harus diikuti tenaga kerja yang bekerja di tambang minyak lepas pantai (offshore). Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bermafaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates